Rombongan Wisata Hikmah Uzbekistan berziarah di Makam Imam Bukhori

Foto di atas adalah makam seorang ahli hadits yang disanjung oleh para ulama sebagai pemimpin para fuqoha.

Muhammad bin Ismail bin Ibrahim adalah nama aslinya yang dinasabkan kepada ayahnya dan kakeknya. Ini pun diambil dari nama-nama Nabi dengan nasab yang mulia.

Ketika kecil kedua matanya buta, namun disebabkan doa-doa yang dipanjatkan oleh Ibunya, Allah memulihkan penglihatannya

Sejak umur sebelas tahun, Ia mampu menghafal puluhan ribu hadits di luar kepala tanpa mencatat. Ketika diuji, ia mampu membenarkan 100 hadits yang sudah diacak sanad dan matannya.

Gurunya bermimpi bahwa ia berjalan di belakang Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Setiap kali Nabi mengangkat telapak kakinya maka ia-pun meletakkan telapak kakinya di sana

Istimewanya, makam beliau ditemukan atas itikad baik Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno.

Berkat jasa Soekarno, saat ini kompleks makam Imam Bukhari yang terletak di desa Hartang, sekitar 25 kilometer dari Samarkand, telah menjadi salah satu wisata umat Islam seluruh dunia dan hanya WNI lah yang boleh berziarah ke makam Imam Bukhori ini.

Hal ini dibenarkan oleh salah satu Tour Leader Wisata Hikmah, Lukman Hakim – yang pernah membawa rombongan ke Uzbekistan April 2019, “Iya, masyaa Allah hanya rombongan dari Indonesia saja yang diperkenankan masuk ke makam Imam Bukhori padahal ketika itu turis-turis asing juga ada. Berkah bagi Indonesia.”

***

Insyaa Allah Wisata Hikmah memfasilitasi program tour Muslim ke Uzbekistan. Informasi lebih lanjut, silahkan hubungi 0852-8910-2222/ 0812-1812-3311.

See you!

Open chat
1
Chat with us
Powered by