Uzbekistan menjadi sumber lahir dan berkembangnya ilmu pengetahuan serta peradaban dunia, salah satunya Astronomi.

Ialah Ulugh Beg, yang mana patungnya menjadi obyek foto peserta Wisata Hikmah di atas, cucu dari Timur Lenk yang mahsyur, seorang ilmuwan yang juga menjadi Gubernur Samarkand di tahun 1409.

Ia sangat mencintai astronomi dan matematika. Ia membangun beberapa perguruan tinggi. Ulugh Beg mengundang astronom dan matematikawan untuk belajar di sana. Di bawah pimpinannya, Samarkand menjadi pusat ilmu pengetahuan.

Salah satu instrumen yang digunakan oleh Ulugh Beg untuk menentukan awal tahun, dan waktu salat juga masih bisa dilihat sampai sekarang. Bangunannya berupa sebuah terowongan batu yang cukup lebar dan panjang dengan ratusan anak tangga.

Pangkal dari terowongan tersebut berada di bawah tanah dan berujung pada alam terbuka beratapkan langit. Di dalamnya dilengkapi dengan dua jeruji batu yang ditempatkan pada posisi tepat sehingga memberi hasil yang maksimal dalam menghitung ketinggian jarak bintang-bintang yang diamati secara cermat.

Di antara atap terowongan itu dibuat satu lubang untuk memungkinkan masuknya sinar matahari. Titik sinar matahari yang jatuh di anak tangga itulah yang digunakan oleh Ulugh Beg untuk menentukan waktu salat, awal ramadhan, bahkan awal tahun.

Pada tahun 1437, Ulugh Beg mengumumkan hasil perhitungan rotasi Bumi terhadap Matahari. Menurut Ulugh Beg, satu tahun adalah 365 hari, 5 jam, 49 menit dan 15 detik. Nilai ini juga cukup akurat. Pada tahun 1525, nilai ini diperbaiki oleh Nicolaus Copernicus dengan selisih waktu hanya 28 detik.

Bahkan Ulugh Beg juga berhasil  menghitung kemiringan poros bumi selama 26.000 tahun. Lingkar bumi juga diukur, dan hasilnya adalah 24.835 mil. Hanya meleset sedikit dari hasil pengukuran zaman modern dengan peralatan lebih canggih: 24.906 mil.

Masya Allah ya, mimin terpesonaa sekali sama peradaban Islam. Sahabat juga kah?

Yuk, kita jelajahi khazanah warisan ilmuwan Islam dan tafakkuri kebesaran Allah akan masa kejayaan Islam di abad pertengahan.

Insyaa Allah Wisata Hikmah siap melayani perjalanan Wisata ke Uzbekistan dengan berbagai valuenya yaitu sharing ilmu manajemen qolbu, terjaganya waktu sholat, makanan halal, fasilitas bintang 4/ setara dan pendampingan perjalanan (Tour Leader) tim asaatidz Daarut Tauhiid.

Informasi lebih lanjut mengenai Wisata Hikmah Uzbekistan:

Kantor Wisata Hikmah DT Jakarta:
Jl. Cipaku 1 No. 18
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12170Office: 021-7235255
0852-8910-2222
0812-1812-3311

-admin-

Open chat
1
Message us
Powered by