Turki merupakan negara yang mengandung sejarah Islam di perjalanannya. Yuk, kita cari tahu objek wisata apa saja yang mengandung unsur keagamaan di Turki dan sangat menarik untuk dikunjungi:

HAGYA SOPHIA

Atau Aya Sofya adalah sebuah bangunan terkenal di Istanbul, Turki yang kental dengan sejarah di balik pembangunannya. Di tahun 537 M sampai 1453 M – oleh Katedral Ortodoks, Hagya Sophia dibangun untuk menjadi sebuah Katedral Katolik Roma di bawah kekuasaan Kekaisaran Latin Konstatinopel. Lalu di tanggal 29 Mei 1453 sampai 1931 diubah menjadi masjid pada masa kekuasaan Kesultanan Utsmani.

Baru saat tanggal 1 Februari 1935 oleh Republik Turki, bangunan Hagya Sophia ini diubah menjadi museum – dan hingga saat ini proses renovasi masih terus berjalan.

Menariknya di Hagya Sophia ini, kita bisa melihat lambang keagamaan dua agama yaitu Islam dan Nasrani. Di mana tulisan Allah dan Muhammad SAW di sebelahnya ada lukisan Bunda Maria dan bayi Yesus.

Saat Wisata Hikmah Turki, para peserta akan ditemani oleh Tour Guide lokal berbahasa Indonesia yang akan menjelaskan sejarah setiap objek wisata

Proses renovasi di Hagya Sophia masih terus dilakukan

Selain itu, terkait dengan desain interiornya, Hagya Sophia menggunakan tiang-tiang dari Kuil Artemis yang telah ditinggalkan dan dihancurkan di Ephesus. Dan juga menggunakan bahan bangunan tambahan dari situs kuno di Baalbeck dan Pergamom.

KOMPLEK MASJID AYYUB

Tempat yang harus dikunjungi ketika berkunjung ke Turki adalah Komplek Masjid Ayyub. Tempat ini selalu ramai dipenuhi pengunjung saat Sholat Jumat dan ketika Ramadhan terutama ketika menjelang waktu berbuka dikarenakan ada pembagian takjil gratis. Masjid ini menjadi tempat yang sangat bersejarah bagi para sultan di Turki karena upacara penobatan mereka dilakukan di sini. Di bagian dalam masjid ini juga terdapat sebuah makam salah satu dari sahabat Nabi yaitu Abu Ayyub Al Anshari yang namanya dijadikan sebagai nama Masjid ini.

TOPKAPI PALACE MUSEUM

Adalah sebuah tempat tinggal dari Sultan Ottoman Turki yang saat ini diubah fungsinya menjadi museum.

Di Topkapi Palace Museum ini, para pengunjung dapat mengenang kisah Rasulullah melalui beberapa barang peninggalannya, seperti jubbah, beberapa helai janggut, dan relik yang di dalamnya ada patahan gigi Rasulullah SAW saat perang Uhud. Serta panah dan pedang Rasulullah SAW. Masyaa Allah…

Tertarik ingin melihat langsung objek-objek wisata ini? Mari berwisata Hikmah ke Turki bersama kami.

Ingin melihat 3 objek wisata tersebut secara langsung?

Yuk, hubungi Wisata Hikmah yang siap melayani perjalanan Sahabat di nomor 0852-8910-22220812-1812-3311

Let’s go around the globe with Wisata Hikmah!

1
×
Halo, silahkan klik tombol whatsapp ini, untuk chat dengan admin.